Pengaruh Motivasi Mahasiswa dan Kualitas Kehidupan Kampus Terhadap Kinerja Mahasiswa dengan Budaya Mahasiswa Sebagai Variabel Moderating
Abstract
Penelitian ini bertujuan membuktikan secara empiris: (1) pengaruh motivasi mahasiswa terhadap kinerja mahasiswa, (2) pengaruh kualitas kehidupan kampus terhadap kinerja mahasiswa, (3) budaya mahasiswa memperkuat pengaruh budaya mahasiswa terhadap kinerja mahasiswa, dan (4) budaya mahasiswa memperkuat pengaruh kualitas kehidupan kampus terhadap kinerja mahasiwa. Penelitian ini menggunakan data primer dengan unit analisis mahasiswa S1 program studi akuntansi dari Sekolah Tinggi XX. Berdasarkan perhitungan sampel diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Hasil perolehan data di dianalisis dengan statisik dengan bantuan SPSS. Alat ukur dalam penelitian mengadopsi dari penelitian terdahulu. Data di analisis dengan: statistic deskriftif, uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas dan analisis regresi. Berdasarkan analisis regresi sederhana dan regresi ganda diperoleh temuan: (1) motivasi mahasiswa tidak berpengaruh terhadap kinerja mahasiswa, (2) kualitas kehidupan kampus tidak berpengaruh terhadap kinerja mahasiswa, (3) Budaya mahasiswa memperkuat pengaruh motivasi mahasiswa terhadap kinerja mahasiswa, dan (4) budaya mahasiswa memperkuat pengaruh kualitas kehidupan kampus terhadap kinerja mahasiswa.
The authors who publish this journal agree to the following conditions:
1. The author retains the copyright and gives the journal rights regarding the first publication with the work being simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the author's work and the initial publication in this journal.
2. The author can enter separate additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the published version of the journal (for example, send it to an institutional repository or publish in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this Journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., at an institutional repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as excerpts of previously published works