Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan PT Intan Pariwara di Wilayah Kabupaten Nganjuk

  • Mustafidah Mahardhika
Keywords: bauran promosi, iklan, penjualan perorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, volume penjualan

Abstract

Proses bauran pemasaran untuk menciptakan kesadaran dalam pemilihan keputusan yang ditentukan oleh konsumen teerhadap suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menjelaskan pengaruh bauran promosi yang terdiri dari iklan, penjualan perorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat secara parsial dan simultan terhadap volume penjualan buku PT Intan Pariwara di Wilayah Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian asosiatif merupakan penelitian yang berupaya untuk mengkaji bagaimana suatu variabel memiliki keterkaitan atau hubungan dengan variabel lain. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebesar 80 responden konsumen yang melakukan pembelian buku di PT Intan Pariwara di Wilayah Kabupaten Nganjuk yang dianalisis dengan model analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer berupa penyebaran kuesioner. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil dalam penelitian ini adalah bauran promosi yang terdiri dari iklan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat secara parsial dan signifikan berpengaruh terhadap Volume Penjualan buku PT Intan Pariwara di Wilayah Kabupaten Nganjuk dibuktikan dengan perolehan t hitung lebih besar dari t tabel dengan signifikansi kurang dari 0,05. Selain itu, bauran promosi yang terdiri dari iklan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap Volume Penjualan buku PT Intan Pariwara di Wilayah Kabupaten Nganjuk dibuktikan dengan perolehan F hitung lebih besar dari F tabel dengan signifikansi kurang dari 0,05.

Published
2022-07-08