Pengaruh Jaringan Sosial, Budaya Inovatif Organisasi, dan Pengendalian Formal Terhadap Managerial Entrepreneurship Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kalimantan

  • Subekti Djamaluddin
  • Rahmawati Rahmawai
  • Syaifhul Anuar Syahdan
Keywords: jaringan sosial, budaya inovatif organisasi, pengendalian formal, dimensi managerial entrepreneurship

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh sistem pengendalian manajemen yang terdiri dari jaringan sosial, budaya inovatif organisasi, dan pengendalian formal terhadap dimensi managerial entrepreneurship untuk pengambilan risiko pada Perusahaan Daerah Air Minum di Kalimantan.

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data suvei langsung dan mail survey dengan metode pemilihan sampel purvosive sampling pada Perusahaan Daerah Air Minum yang diwakili manajer unit. Sebanyak 12 responden berpartisipasi dalam penelitian ini  yang berasal dari  70 PDAM  di  Kalimantan. Data penelitian untuk menguji hipotesis dianalisis dengan menggunakan Analisis Regresi Bergdana.

Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   jaringan   sosial,   budaya   inovatif organisasi, dan pengendalian formal berpengaruh secara positif terhadap managerial entrepreneurship  untuk  dimensi  pengambilan  risiko.  Kemudian  secara  parsial jaringan sosial berpengaruh negative terhadap managerial entrepreneurship. Budaya inovatif organisasi berpengaruh positif pada pengambilan risiko, Pengendalian formal berpengaruh positif terhadap pengambilan risiko.

Published
2018-07-31