Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Inspektorat

  • Made wedaswari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Rahmawati Rahmawati
Keywords: Role Stress, Burnout, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa pengaruh role stress, burnout dan sistem pengendalian intern terhadap kinerja auditor internal. Penelitian ini dilakukan pada Inspektorat Daerah di Karisidenan Surakarta. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh auditor internal yang bekerja pada Inspektorat Daerah di Karisidenan Surakarta yang meliputi Kabupaten Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten .

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui penyebaran kuesioner secara langsung. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan pengujian data yang dilakukan dengan dibantu oleh program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) role stress berpengaruh negatif terhadap kinerja auditor internal, (2) burnout berpengaruh negatif terhadap kinerja auditor internal (3) sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh positif terhadap kinerja auditor internal. Meningkatnya role stress dan burnout akan menurunkan kinerja auditor internal sedangkan meningkatnya SPIP akan meningkatkan pula kinerja auditor internal.

Author Biography

Rahmawati Rahmawati

Universitas Sebelas Maret

Published
2020-12-01